Ranking....!!! Kita pasti pernah menuntut ilmu di SD, SMP dan SMA . Di masa-masa itu, kata ranking merupakan hal yang sangat membanggakan bagi diri sendiri dan bahkan bagi orang tua. Semakin tinggi ranking maka semakin bangga pulalah kita, dan semakin menunjukkan bahwa kita adalah siswa yang berprestasi.

Seiring sejalan dengan ranking yang ada di alexa, meskipun bukan lagi membahas tentang siswa yang bersekolah, tapi sekarang yang di bahas ialah para blogger yang senantiasa berjuang untuk meningkatkan alexa rank mereka. Alexa rank ditentukan berdasarkan kepopuleran suatu situs atau blog, keseringannya dikunjungi.  Jadi dapat disimpulkan, secara sederhana bahwa jika pengunjung / visitor blog / website anda banyak maka ranking alexa anda juga akan otomatis meningkat.

Cara meningkatkan traffic di blog sudah sangat banyak dibahas oleh para master blog, tinggal cari dengan bantuan google. Tapi tidak apalah saya singgung sedikit untuk meningkatkan traffik blog harus dengan mengkombinasikan beberapa cara, diantaranya:

  • Pertama dan utama tentunya, posting konten-konten yang berkualitas, dicari dan dibutuhkan banyak orang.
  • Usahakan postingan anda adalah hasil karya orang lain, jangan hanya hasil copas semata ataupun copas+edit dikit.
  • Berikan sedikit efek optimasi pada blog anda agar bisa bersaing di SERP, tapi jangan sampai over optimize.
  • Teratur posting blog anda, paling bagus (berdasarkan yang pernah saya baca dari artikel tetangga) satu kali satu posting.
  • Cari backlink yang berkualitas atau bisa juga dengan saling berukar link sesama blogger.
  • Rajin-rajinlah BW untuk bersilaturahmi dengan para sesama blogger dan berkomentar, tapi sampai S.P.A.M ya, karena banyak blogger yang tidak menyukai komentar yang hanya berupa S.P.A.M.
Sebenarnya cara di atas sudah cukup untuk menaikkan alexa rank anda, tapi anda bisa memaksimalkannya lagi dengan menambahkan cara ini:
  1. Posting sesuatu yang berhubungan dengan alexa, contohnya alexa rank, tips meningkatkan alexarank dan lain-lain.
  2. Pasang toolbar alexa, caranya:
  • Masuk ke halaman  http://www.alexa.com/toolbar kemudian pilih instal alexa extension.
Alexa toolbar juga berfungsi untuk melihat seberapa populer website yang anda kunjungi, memberikan saran website yang serupa dengan yang anda kunjungi, melihat tampilan website di masa lalu, melihat pendapat orang lain tentang situs tersebut.

Ada 2 yang menjadi acuan para blogger untuk menentukan ranknya, yaitu alexa rank dan google pagerank. Ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan jika rank website anda tinggi, diantaranya anda akan mendapatkan penghasilan tambahan karena akan mengundang advertiser untuk memasang iklan di situs anda. Pengalaman pribadi saya pas mau daftar salah satu PPC, blog saya ditolak karena alexa ranknya tidak memenuhi...
Sekian

2 komentar:

  1. sekedar info gan....
    berkat tips yang di atas, alexa rank blog ane yang pada pagi harinya sebelum posting artikl ini berkisar di urutan 25 jutaan, siang ini sudah turun menjadi 18 jutaan...

    BalasHapus
  2. mari bersilaturahmi sob..

    BalasHapus