Saturday, 18 May 2013

Saturday, May 18, 2013
Ada banyak sebab yang mengawali seorang blogger untuk terjun ke dunia blogging. Mulai dari sekedar coba-coba, ajakan teman dan lain sebagainya. Pada awal berkecimpung di dunia blog, tidak dipungkiri bahwa akan banyak muncul kebingungan-kebingungan yang disebabkan karena sebagai seorang newbie yang masih minim pengetahuan tentang dunia blogging.
Bagaimana cara mempersiapkan blog sebelum mendaftar adsense

Pada awal memulai aktifitas blogging, akan muncul kebingungan tentang bahan post dikarenakan tidak adanya konsep dan tema yang jelas dari blog (terutama bagi blogger yang terjun karena hanya ingin tahu atau coba-coba). Pada saat ide posting tidak ada, maka blogger newbie biasanya menempuh jalan pintas yaitu dengan melakukan copy paste dari blog lain untuk di publikasikan ulang di blognya. Pada saat seperti ini, di kala pengetahuan akan potensi dari sebuah blog untuk meraup dollar masih minim atau bahkan bisa dibilang masih nol, blogger tidak terlalu memikirkan atau bahkan tidak memikirkan sama sekali konsekuensi yang didapatkan jika melakukan aksi plagiat.

Biasanya para blogger baru mengetahui potensi dari sebuah blog untuk menghasilkan rupiah dan dollar setelah beberapa waktu menjalani aktifitas blogging. Ini tentu saja kurang bagus apalagi jika berminat untuk melamar menjadi publisher di layanan iklan dari google yaitu google adsense.

Oleh karena itu, jika ingin meraup dollar dan rupiah dari blog maka ada beberapa persiapan dasar yang [erlu diperhatikan sebelum membuat blog, diantaranya:
  1. Tentukan tema yang jelas pada blog
    Sebenarnya bukan keharusan untuk hanya membahas satu topik pada blog tapi dengan terkhususnya topik maka blogger akan lebih mudah untuk mengoptimasi blog karena tema serta saingannya yang jelas. Berbeda dengan blog yang bertema gado-gado, blogger akan kesulitan untuk mengoptimasi kata kunci karena saking banyaknya saingan.
  2. Jangan copy artikel dan gambar dari blog lain
    Keaslian artikel merupakan salah satu pertimbangan dari google untuk menerima lamaran menjadi publisher. Sehingga usahakan semaksimal mungkin untuk menghindari copy artikel blogger lain apalagi sampai 100%. Selain artikel, biasanya setiap postingan dilengkapi dengan gambar, usahakan jangan mengambil gambar yang didapatkan dari google image search. Gunakan sedikit kreatifitas dengan software edit foto yang banyak tersedia.
  3. Optimasi blog, baik onpage maupun offpage
    Optimasi onpage berhubungan dengan struktur blog, sedangkan offpage merupakan optimasi yang tidak berhubungan langsung dengan struktur blog. Kenapa optimasi blog diperlukan? Agar blog mendapatkan pengunjung dari cara yang alami melalui mesin pencari. Karena semakin banyak kunjungan ke blog melalui mesin pencari maka akan semakin bagus kredibilitas blog anda di mata google.
  4. Rampingkan alexa rank blog anda
    Alexa rank merupakan rank global suatu website. Semakin kecil rank blog anda maka advertisher akan memandang blog anda sebagai blog yang berkualitas adan bersedia menerima lamaran anda untuk menjadi publisher. Jangan melakukan pendaftaran untuk menjadi publisher sebelum point 1-4 anda lakukan karena sekali anda mendaftar dan ditolak maka anda akan tercatat dalam list yang pernah ditolak sehingga di kemudian hari ketika blog anda sudah memenuhi standar untuk menjadi publisher akan sulit untuk diterima.
  5. Rajin update blog
    rajin update dan konsisten, itu yang penting. Usahakan konsisten dalam melakukan update blog, jika mampu 1 artikel 1 hari atau sesuaikan dengan kemampuan dan waktu anda.
Itulah hal dasar yang perlu dipersiapkan sebelum mendaftar menjadi publisher. 
Jika anda menemukan blog ini dari search engine google dan anda merasa terbantu dengan informasi dari blog ini, silahkan klik tombol google plus di samping kanan. terima kasih partisipasinya.