Bersilaturahmi antar sesama blogger yang sering dikenal dengan nama blogwalking memang mempunyai banyak manfaat. Selain menambah pengetahuan karena membaca artikel dari blog sahabat, para blogwalker juga akan mendapatkan nilai plus yaitu tambahan traffic dan backlink jika berkomentar dengan meninggalkan anchor text menuju blog. 

Bahkan menurut pengamatan saya, saking pentingnya blogwalking sampai-sampai para blogger menghalalkan segala cara untuk mendapatkan backlink dan traffic, salah satunya dengan negative blogwalking. Blogwalking dengan cara meninggalkan komentar yang hanya bersifat SPAM atau komentar sampah, yang sama sekali tidak mempunyai nilai positif kecuali. Seperti yang saya alami dan perhatikan di blog ini setelah beberapa minggu tidak terurus, ada sangat banyak komentar yang menurut saya berbau SPAM karena hanya ingin promosi blog. 

Pada awal ngeblog, saya mempunyai prinsip bahwa blogging bukan hanya sebagai ajang untuk melukiskan apa yang ada dalam pikiran menjadi bentuk tulisan dalam sebuah blog, tapi juga bisa di jadikan ajang silaturahmi untuk mendapatkan tambahan kenalan baru meskipun hanya di dunia maya. Itu sebabnya moderasi komentar di blog ini tidak saya aktifkan, dengan alasan untuk mempermudah para sahabat blogger yang ingin menjalin silaturahmi dengan saya khususnya. 

Cara ini efektif menurut saya, ketika saya masih sering online dan mengurus blog ini. Karena setiap komentar yang masuk bisa di ketahui karena kwantitas online yang lumayan sering. Berbeda dengan keadaan yang saya alami sekarang ini, dimana waktu untuk berseluncur ria di dunia maya mulai terbatas oleh banyaknya kesibukan di dunia nyata. 

Berhubung adanya perubahan situasi yang saya alami, maka timbul di benak untuk mengubah cara saya meladeni tamu yang berkomentar di blog ini dengan cara menyaringnya terlebih dahulu dan memilah antara yang SPAM dan komentar yang bukan SPAM. Banyaknya komentar SPAM di blog akan berdampak negatif terhadap pencitraan blog di mata google.Oleh karena itu saya pun mengaktifkan moderasi komentar di blog ini.

Bagaimana cara mengaktifkan moderasi komentar di blog (menyaring komentar yang masuk), berikut ini caranya:
  • Pada dashboard, pilih setelan;
  • pada sub menunya,pilih pos dan komentar;
  • ada tulisan moderasi komentar dengan beberapa bagian yaitu, selalu, kadang-kadang dan tidak pernah.
  • pilih selalu dan simpan setelan.
  • gambarnya seperti dibawah ini. 
 menghindari komentar spam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar