penyebab alexa rank turun

Alexa rank | Banyak persepsi tentang alexa rank dari para blogger. Ada yang menganggap itu sangat penting tapi tidak jarang juga yang menganggap itu adalah hal yang tidak penting. Tapi itulah pendapat para blogger yang mungkin saja didasarkan pada pengalaman maupun juga kebutuhan akan gengsi alexa rank. Tapi terserah anda, mau menganggap alexa rank itu penting atau tidak itu bukan masalah karena yang akan di bahas pada artikel ini adalah tentang faktor yang mempengaruhi perubahan rank alexa dari suatu blog atau website.

Hal ini berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan dari blog ini. Beberapa minggu terakhir ini saya melakukan hal yang menurut saya ekstrim pada blog ini. Karena tergiur akan potensi adsense untuk menghasilkan dollar. Seperti kita ketahui bahwa untuk bergabung bersama google adsense ada begitu banyak peraturan yang diantaranya blog tidak boleh mengandung penyalahgunaan hak cipta. Tapi artikel yang melanggar hak cipta malah banyak di blog ini dan bahkan menjadi penyumbang trafic terbesar. Seperti yang saya paparkan di atas bahwa saya melakukan hal yang menurut saya ekstrim, yaitu menghapus sebagian besar artikel blog ini. Dengan harapan bisa diterima oleh google adsense, tapi ternyata hasilnya nihil. ditolak dan di tolak lagi. 

Berhubung dengan penghapusan artikel, itu juga memberikan dampak yang sangat negatif terhadap traffic blog ini yang turun sangat drastis. Tapi berhubungan dengan alexa rank blog ini setelah penghapusan artikel tidak mengalami perubahan yang signifiran. Malah cenderung konsisten naik karena saya masih update artikel dan blogwalking. 

Tapi beberapa minggu terakhir ini, karena sibuk dunia offline saya jarang berkunjung ke blog ini. Jangan kan blogwalking, update artikelpun tidak sempat. Apa yang terjadi pada alexa rank blog ini. Dari hari ke hari selalu mengalami perubahan menjadi lebih gendut lagi. Karena penyebab itulah saya menyimpulkan bahwa blogwalking dan update blog itu sangat dan sangat berpengaruh terhadap alexa rank blog.

4 komentar:

  1. tergantung niat sih sob, kalau mencari uang mugkin alexa penting... jika niatnya seperti saya wah nggak penting, alexa saya juga nggak tau besar apa kecil tidak pasang untuk menghindari beban pikiran hehehe... semoga alexa punya sobat lekas ramping..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, begitu juga yang saya maksudkan.. kalau niat mencari uang alexa itu sangat penting..

      Hapus
  2. alexa rank itu kan utk mengukur brp byk pengunjung blog kita setiap harinya.
    sebetulnya meskipun kamu jarang blogwalking jg ga pa2. asalkan pengunjung ke blog kamu tetap byk setiap hari.
    jd yg mempengaruhi itu sebenarnya bkn karena blogwalkingnya sob, tp karena byk atau tdknya pengunjung diblog kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawaban yang sangat saya setujui sob....

      untuk melangsingkan alexa rank memang yang paling berpengaruh adalah pengunjung yang banyak, lantas bagaimana dengan blog yang niche blognya tidak populer dan pengunjung perharinya tidak sampai 100 pengunjung unik. apakah alexa ranknya akan tetap gendut...

      inilah yang bisa di atasi dengan blogwalking untuk meningkatkan alexa rank...
      jadi bukan semata-mata karena pengunjung yang banyak yang membuat alexa rank bisa ramping, tapi ada faktor-faktor lain.. ini jika kita berbicara alexa rank sampai batas 100 ribuan.. sedangkan untuk menembus batas di bawah itu, memang sulit kalau hanya dengan blogwalking..

      Hapus