Hasil karya merupakan hal yang sangat berharga. Sesuatu yang juga sangat membanggakan, apalagi jika itu bisa bermanfaat bagi orang lain.
Tapi apa jadinya jika hasil karya dalam hal ini bisa berupa artikel, tutorial dan lain-lain yang dengan susah payah anda kerjakan, dengan hanya butuh waktu kurang dari setengah menit di copas dan di publikasikan oleh orang lain tanpa seijin anda. Pasti rasa kesal dan jengkel akan muncul di benak anda. Meskipun hanya sebuah artikel, tapi itu juga butuh kreatifitas, waktu, biaya dan tenaga untuk membuatnya.
Oleh karena itu, untuk meminimalisir budaya plagiat, ada baiknya anda mencoba dan memanfaatkan fasilitas yang di sediakan oleh www.copyscape.com. Copyscape bukanlah situs yang dapat mencegah budaya copy-paste/plagiarisme tapi copyscape berfungsi untuk memberitahukan jika ada konten atau artikel yang ada di blog/website kita yang telah di copy tanpa izin oleh orang lain. Copyscape juga dapat digunakan untuk mengecek keaslian dari suatu artikel. Selain itu, Copyscape juga menyediakan banner untuk memperingatkan para pelaku copas bahwa konten yang ada di blog/website anda terdaftar di copyscape.

Meskipun tidak 100% menjamin bahwa konten anda tidak akan di jiplak, tapi setidaknya dengan copyscape anda bisa mengetahui siapa yang menjiplak konten anda tanpa ijin dan anda bisa mengambil tindakan sendiri.

Copy-paste bisa saja tapi tetap cantumkan sumbernya.

4 komentar:

  1. kebetulan saya sudah menggunakan copyscape sobat tapi masih saja di bajak, sebaiknya sobat menggunakan dmca...

    BalasHapus
  2. ane baru dengar tentang dmca...

    mungkin bisa di jelaskan lebih gan???

    BalasHapus
  3. Menurut ane emang kayakny itu cuman ngbantu aja, tapi gak bener2 mencegah adany tindakan Copas..
    Coba myfreecopyright.. :D

    BalasHapus