Pada blogspot, ada 2 level tingkat admin, yaitu level pengarang dan level admin.
perbedaan dari tingkat level admin adalah pada level pengarang, maka hanya bisa mengakses menu postingan saja. sedangkan pada level admin maka bisa mengakses semua fitur dan fungsi blog.


kapan fitur ini diperlukan?

fitur menambahkan admin akan berguna jika seorang pemilik blog ingin penulis untuk membantu membuat artikel. dengan menambahkan admin pada level pengarang maka pengarang tersebut hanya bisa mengakses menu postingan saja tanpa bisa mengakses pengaturan dan setting blog. sehingga pemilik blog bisa terhindar dari potensi niat buruk orang lain.


Berikut ini adalah cara menambahkan admin di blogspot.

  1. Langkah pertama, masuk ke dashboard blogger.com
  2. kemudian pilih setelah
  3. setelah itu pilih dasar,
  4. pada bagian kanan bawah, ada kolom penulis
  5. kemudian klik pada tambahkan penulis
  6. lalu masukkan email penulis/admin yang akan di undang
  7. lalu klik undang penulis
setelah undang penulis di klik, maka langkah selanjutnya ada di email yang di undang menjadi admin.

pada email yang diundang menjadi admin, akan ada email undangan yang masuk. pada email undangan tersebut, terdapat tautan/link untuk diklik oleh penerima undangan agar bisa menjadi admin.

setelah undangan admin sudah diterima, maka pada dashboard blogger di bagian admin akan terdapat 2 email, yang pertama adalah email pemilik blog dan yang kedua adalah email penulis yang di undang.

email yang diundang akan secara otomatis berstatus penulis. untuk mengubah status email dari pengarang menjadi admin, caranya klik pada tombol pengarang dan akan muncul pilihan untuk menjadikannya admin.

cara menghapus email yang sudah diundang

email yang sudah di undang, bisa dihapus dengan cara klik tombol silang di samping kanan email penulis/admin.

catatan:

email yang berstatus admin, bisa mengakses semua pengaturan yang ada di blog, layaknya email utama/ email pemilik blog. bahkan email yang ditambahkan jika sudah berstatus admin bisa menghapus email pemilik blog, sehingga bisa menyebabkan blog akan berpindah dan tidak bisa diakses oleh email yang sudah dihapus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar