Klik Untuk Chat via WhatsApp
+62821-87-56-56-53
jasa buat web/blog
Sunday, 25 December 2011

Sunday, December 25, 2011
3
yusrandante
      Setelah pengalaman pahit dengan OS GARUDA, rasanya sudah tidak ingin untuk menginstal saudara2nya dari linux yang lain (trauma). Tetapi karena suatu dan lain  hal, UBUNTU menjadi pilihan alternative. Berawal dari seorang teman yang tiba-tiba datang kepada diriku sembari berkata:
mau instal linux, baru.....!!!
Rasa trauma pada linux seakan terlupakan, berhubung masternya kan sudah ada, tinggal COPAS aja (trauma download).Niat untuk menginstal pada waktu itu masih belum ada, hanya ingin ngumpulin master linux doank.

       Tapi entah ada angin apa, malam harinya saya nyalain komputer sambil membuang file yang tidak berguna untuk dikirim ke recycle bin. Sekian lama menjelajahi folder2 yang bertaburan di komputer, eh G' nyangka ketemu lagi ma unetbotin.exe..........!!!!1 Tanpa di sengaja, pikiran langsung tertuju pada file iso LINUX yang saya copy siang harinya. Teman saya memberikan dan menyarankan 2 distro linux, yaitu ubuntu 11.10 dan linuxmint-11-gnome-dvd-32bit, tapi entah mengapa kursor yang dikendalikan oleh tangan saya ini langsung mengarah kepada sang UBUNTU 11.10.

yusrandante


      Tanpa pikir panjang, langung search FD, tentunya search-nya bukan di om kita semua yaitu google, tapi search-nya ya paling sekitar kantong tas, kantong celana dan kantong2 yang lainnya......!!!!!
FD ketemu, sekarang tinggal jalankan unetbotin dan instal UBUNTU. Caranya persis sama dengan yang cara instal OS GARUDA yang gagal kemarin.

     Proses instal berjalan, proses menunggu pun berjalan. Setelah menunggu selama proses instalasi ( lupa berapa menit/jam nya), proses instalnya pun selesai.

     Sebagai seorang yang newbie dalam menggunakan LINUX (baru pertama kali instal linux), saya pun merasa kebingungan dengan tampilan linux ubuntu 11.10 ini, mulai dari tombol close nya di sebelah kiri, shortcut windows+E tidak ada, tidak ada refresh, dan masih banyak yang lainnya yang tentu berbeda sekali dengan OS yang saya pakai selama ini, yaitu windows. Tanpa memperdulikan perbedaan tampilannya dengan windows, proses adaptasi dan pembelajaran OS baru (maksudnya baru di instal) pun di mulai. Mulai dari search di om kita semua maupun juga utak atik sendiri LINUX UBUNTU-nya.

    Setelah proses adaptasi mulai berjalan sesuai keinginan, muncul masalah baru....!!! Apakah itu.....???? dimana saya mengetik??? bagaimana memainkan game yang selama ini saya mainkan di windows??? dan masih banyak lagi......!!!!!!!! Sekali lagi, untung ada om kita semua (om GOOGLE) yang selalu setia membantu. Thank's google.....................................
yusrandante

Berkat bantuannya, saya pun akhirnya  mengetahui program pengganti yang sering di pakai di windows.

    Perbandingan utama yang saya dapatkan antara windows dan ubuntu yang saya rasakan sendiri yaitu menggunakan linux lebih ringan daripada windows 7.....!!!!!!!!!
"maklum, spesifikasi PC ane cuma RAM 1 GB, intel atom. Jadi mesti nyari yang ringan-ringan jalannya" 
 Itulah yang membuat saya mulai lebih tertarik menggunakan LINUX daripada Win.7. meskipun win. 7 saya masih tetap bertengger menguasai drive :C, jaga2 untuk tugas kuliah yang mestimenggunakan program yang hanya compatyble dengan windows.

LINUX , welcome.....!!!!!
yusrandante
   






"semua ada ilmunya"

SEKIAN

WASSALAM

Jika anda menemukan blog ini dari search engine google dan anda merasa terbantu dengan informasi dari blog ini, silahkan klik tombol google plus di samping kanan. terima kasih partisipasinya.

3 komentar:

  1. Hmm share-Nya bermanfaat sob. Kalo trauma gara-gara kesalahan atau masalah sepertinya gak banget dah! apa lagi menyangkut perkembangan teknologi. But anda telah bangkit kembali.. so.. bersemangatlah :D

    Datang untuk pemberitahuan tentang unfollow masal, dalam hal ini guna optimasi blog tetap terjaga. Semoga artikelnya terus up to date ya? ditunggu kedatangan sobat untuk konfirmasi dibuku tamu ya? jangan asal konfirm :), thanks

    ReplyDelete
  2. Kebetulan Ane dikantor juga menggunakan Linux Sob, ... Ubuntu 10, menurut Ane lumayan juga pake ubuntu, tapi kalo bicara kekurangan banyak banget, krn free mungkin ya? ...

    ReplyDelete
  3. saya juga pernah pakai linux ubuntu tapi karena masih baru menggunakannya jadi saya beralih lagi ke windows.

    ReplyDelete

Blog ini menggunakan moderasi Komentar untuk menghindari komentator yang hanya menyebarkan spam. Berkomentarlah yang baik untuk menjalin silaturahmi