perbedaan blogger dan blogspot
Pada postingan kali ini saya hanya berbagi kepada sahabat blogger tentang jawaban dari pertanyaan saya sendiri yaitu apa perbedaan blogger.com dan blogspot.com? Pertanyaan ini muncul ketika saya melihat topsite berdasarkan alexa rank, dimana blogspot[dot]com berada pada ranking 11 sedangkan blogger[dot]com berdasarkan alexa rank berada jauh dibawahnya yaitu ranking 44. Padahal ketika saya mengetikkan www[dot]blogspot[dot]com di addres bar maka akan langsung redirect ke blogger[dot]com. Dalam pikiran saya mengatakan:
www[dot]blogspot[dot]com dan www[dot]blogger[dot]com, apa sebenarnya perbedaaya dan mengapa ada www[dot]blogspot[dot]com jika hasilnya tetap saja www[dot]blogger[dot]com....?? Padahal keduanya sama-sama produk google... bingung...!!!
Setelah browsing, searching sambil mancing, akhirnya dapat juga deh jawabannya.
Ternyata Blogger[dot]com adalah tempat hosting gratis sedangkan blogspot[dot]com adalah nama domain gratis dari google. Blogspot tidak dapat diakses secara langsung karena untuk mengaksesnya, harus terlebih dahulu masuk ke akun blogger. 
kenapa terjadi perbedaan alexa rank antar keduanya?
jawabannya karena alexa memberikan peringkat terhadap suatu website berdasarkan jumlah pengunjungnya,  dan yang menjadi pengunjung blogger[dot]com hanyalah mereka yang mempunyai akun blogger/mempunyai blog sedangkan blogspot[dot]com bisa dikunjungi oleh siapa saja yang mencari informasi dengan bantuan search engine. 
contohnya:
jumlah orang yang mempunyai blog ada 100 orang, maka kunjungan terhadap blogger[dot]com itu hanya 100 kunjungan saja. Berbeda dengan blogspot[dot]com, misalkan dari 100 blog yang ada tadi menyediakan informasi yang masing-masing berbeda satu sama lain, contohnya ada yang menyajikan informasi kesehatan, politik, dan lain sbagainya dan pada hari itu ada 1000 orang yang sedang online dan mencari informasi maka search engine akan mengarahkan ke domain blogspot[dot]com, misalnya yusrandante[dot]blogspot[dot]com . jadi 1 akun blogger hanya bisa dikunjungi oleh satu orang sedangkan satu domain blogspot bisa saja dikunjungi ratusan bahkan ribuan orang perharinya.

Hmmmmm.... Setelah saya perhatikan uraian saya di atas, sepertinya akan banyk yang malah tambah bingung setelah membacanya. Maaf kalau penjelasannya kurang tepat.

saya hanyalah seorang blogger newbie yang ingin berbagi.
kritik dan sarannya yang membangun sangat diharapkan.

wassalam

3 komentar:

  1. Perbedaaanya cukup jelas sob. blogger = hosting blogspot = domain

    BalasHapus
  2. cukup jelas koq sob. santai aja dan makasih

    BalasHapus
  3. cukup jelas sob, makasih ats sharenya, tambah wawasan nih

    BalasHapus