Berkenalan dengan Dashboar blogger | Pada postingan terdahulu tentang tutorial membuat blog, saya telah posting tentang cara membuat blog di blogger. Pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang dashboard blogger. apa itu dashboard blogger? dashboard blogger adalah halaman utama dimana terdapat menu untuk mengatur dan mengkostumasi blog.

Pada dashboard blogger, terdapat beberapa menu yang disediakan untuk memudahkan para blogger untuk mengolah dan melaksanakan aktifitas blogging, mulai dari posting, edit template, statistik blog dan lain sebagainya.

untuk lebih detailnya, berikut ini menu-menu yang terdapat pada dashboard blogger:
cara membuat blog, pengenalan blog
  1. Pada gambar nomor 1, itu adalah link ke halaman utama blogger.
  2. no. 2 yaitu menu untuk membuat postingan baru.
  3. no. 3 yaitu menu untuk melihat jumlah artikel dalam blog anda, baik yang sudah anda posting maupun yang berupa draft.
  4. no. 4 untuk melihat tampilan blog anda.
  5. no. 5, fungsinya sama saja dengan menu no. 2 untuk membuat entri baru.
  6. ikhtisar, menu ini merupakan gambaran utama blog, di dalamnya terdapat statistik blog, komentar yang tampilkan, penayangan hari ini, pengikut blog anda dan berita dari blogger.
  7. Pada menu post, terdapat lagi beberapa sub menu yaitu: semua, maksudnya semua entri yang ada dalam blog anda, baik itu yang sudah diterbitkan maupun yang berupa draft. Draf : yaitu entri yang sudah anda ketik tapi belum diterbitkan. serta sub menu : diterbitkan, yaitu semua entri yang sudah anda terbitkan dan akan terindex oleh search engine.
  8. Pada menu laman, yaitu halaman yang disediakan blogger untuk membuat sebuah postingan yang tidak tampil di halaman utama blog anda. Para blogger biasanya menggunakan menu laman ini untuk menyimpan biodata, kode warna html dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.
  9. menu komentar menampilkan jumlah komentar yang telah diterbitkan dalam blog anda, serta spam yaitu komentar yang dianggap oleh google sebagai komentar sampah yang hanya bertujuan untuk mencari backlink untuk blognya sendiri.
  10. Pada menu statistik berisi tentang informasi blog anda, jumlah pengunjung blog anda, entri yang paling populer di blog anda, sumber lalu lintas blog anda, persntase pengunjung blog anda berdasarkan sistem operasi dan browser.
  11. menu penghasilan berisi pengaturan iklan dari google, tapi dari berbagai sumber yang saya baca menyebutkan bahwa layanan ini sudah tidak suport blog dengan domain gratis, seperti .blogspot.com.
  12. Tata letak, menu ini menggambarkan tata letak dan posisi setiap item dalam blog anda. di menu inilah anda dapat mengatur posisi widget-widget dalam blog anda dengan mudah tanpa harus susah-susah mengedit HTML secara langsung.
  13. Template, pada menu ini berfungsi untuk mengedit tampilan blog anda, disinilah anda bisa menuangkan kreatifitas anda untuk memperindah tampilan blog anda. Ada dua pilihan, yatu edit HTML, berfungsi untuk mengedit HTML dengan cara langsung mengetiknya, sebelum melakukan ini sebaiknya terlebih dahulu mempelajari tentang HTML dan css. Juga terdapat menu ubah sesuaikan, yaitu alternative untuk mengedit tampilan blog  sesuai keinginan anda dengan pilihan template yang beragam dari blogger.
  14. Setelan, di menu inilah anda mengatur privasi blog anda, siapa saja yang boleh berkomentar dan lain sebagainya. Lebih lengkapnya akan saya bahas tentang setelan pada dashboar blogger.
Sekian artikel singkat dari saya.
wassalam

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar