dasar blogger

Jika anda adalah seorang yang baru mengenal dunia blogging atau bahkan baru berencana untuk membuat blog maka artikel ini sangat pas dan cocok untuk anda sebagai pengetahuan dasar untuk memasuki dunia blogging. Tapi jika anda adalah seorang yang sudah merasa mastah, ya artikel ini bukan artikel yang cocok untuk anda jadikan bahan bacaan. Jadi bagi yang merasa sudah mastah sebaiknya tidak usah membaca postingan ini.

Pengenalan dasar
Saya membagi beberapa bagian dalam artikel ini, tentang langkah awal untuk terjun ke dunia blogging. apakah itu?
  1. langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum terjun kedunia blogging yaitu membuat sebuah email di google (gmail). Kenapa harus email dari google? Karena blog yang akan kita bahas kali ini adalah tentang terjun kedunia blogging dengan mengendarai kendaraan berflatform blogspot sebagailangkah awal. Jika nanti kemampuan di bidang blogging semakin mantap, maka memakai jasa hosting dan domain yang berbayar bisa jadi pilihan (tapi itu nanti jika sudah mahir). Jadi mari kita belajar dunia blogging terlebih dahulu dengan menggunakan blogspot terlebih dahulu.
  2. Setelah membuat email, ya tentu membuat blog. Tapi sebelum membuat blog, sebaiknya anda terlebih dahulu sudah memikirkan dengan baik-baik tema blog anda, sebaiknya sesuai dengan hobi anda agar lebih banyak bahan untuk posting artikel karena banyak inspirasi. disinilah keunggulan gmail karena satu account untuk semua produk layanan google termasuk blogger. Jadi untuk membuat blog akan lebih mudah lagi, baca disini .
  3. Setelah blog anda sudah selesai langkah selanjutnya adalah mengatur tampilan blog anda, dimana Dalam proses pembuatan blog, anda akan memilih template untuk tampilan blog anda, tapi hanya dibatasi oleh template default yang disediakan oleh blogger. Jika template nya sudah sesuai dengan keinginan anda maka tidak jadi masalah, tapi jika templatenya kurang menarik menurut anda dan anda ingin menggantinya, maka sebaiknya anda mencari template di website penyedia template yang berkualitas. Baca disini untuk melihat daftar website yang menyediakan template untuk blog, bukan hanya ratusan tapi bahkan sampai ribuan template tersedia disana, mulai dari template yang bertipe anime, seo, responsive dan lain sebagainya.
    Jika anda sudah menemukan template yang sesuai dengan keinginan dan selera anda, maka langkah selanjutnya adalah mengganti template blog.
    setelah mengganti template blog, pasti akan ada rasa puas, tapi lama kelamaan akan timbul rasa bosan akan tampilan template blog anda sehingga anda ingin menggantinya. Tapi sebelum anda sering mengganti template blog anda, sebaiknya baca artikel tentang akibat buruk terlalu sering mengganti template blog.
  4. Sudah puas otak atik tampilan blog, sekarang kita sebaiknya anda terlebih dahulu mengenal menu-menu yang ada pada dashboard blogger agar anda tidak bingung dalam mengelola blog anda.
  5. Jika menu pada dashboard sudah anda ketahui fungsinya, saatnya mulai menulis artikel tapi sebelumnya kenali juga menu-menu pada posting blogger. Setelah itu saatnya menulis artikel sesuai tema blog anda. Dalam menulis artikel ada beberapa hal yang harus diperhatikan, baca disini untuk cara menulis artikel yang SEO friendly. Apa itu SEO friendly? Secara kasar SEO friendly bisa diartikan ramah dengan search engin dalam hal ini google, yahoo, bing, ask dan lain lain sehingga peluang untuk tampil dihalaman depan saat pencarian lebih besar. Dalam menulis artikel, kadang juga diperlukan gambar sebagai pelengkap posting anda atau untuk sekedar menjadi penghias, tapi jangan sampai gambar yang anda masukkan dalam artikel malah membuat artikel anda kurang SEO friendly. Jadi sebaiknya anda baca artikel tentang bagaimana cara memaksimalkan gambar agar seo friendly. Sejauh ini, pengetahuan dasar tentang blogging sudah lebih dari cukup.
Langkah lanjutan yang sebaiknya anda ketahui.
Setelah memiliki blog dan sudah mengerti cara membuat artikel yang seo friendly, maka sekarang kita membahas tentang beberapa istilah yang digunakan dalam dunia blogging yang juga mempengaruhi kinerja dari blog anda terhadap search engine
  1. Yang harus anda ketahui lebih lanjut yang sudah saya singgung sedikit di atas yaitu SEO friendly. Untuk membuat blog SEO friendly dikel dua cara secara umum yaitu SEO onpage dan SEO offpage. Kita bahas secara singkat tentang apa itu SEO onpage dan Offpage.
    SEO onpage adalah usaha yang dilakukan untuk membuat blog disukai oleh search engine, dalam hal ini kita berbicara masalah struktur blog. Jadi SEO onpage adalah segala sesuatu pengoptimalan blog yang dilakukan secara langsung pada blog. Salah satu cara adalah memasang tombol social share seperti fb share, twitter, dan google plus like untuk seo.
    SEO offpage, sudah jelas adalah kebalikan dari SEO onpage. Dimana segala sesuatu yang menjadi faktor pendukung yang memberikan nilai plus pada blog dimata search engine itu termasuk SEO offpage, seperti backlink. Apa itu backlink? Akan dibahas pada penjelasan selanjutnya. Jika anda ingin mengetahui seberapa SEO blog anda, baca disini.
  2. Apa itu backlink? Backlink adalah link yang mengarah ke blog anda, dan semakin banyak backlink maka semakin baik blog anda dimata search engine karena Search engine menganggap blog anda bermanfaat karena memiliki banyak backlink. Jadi semakin banyak backlink maka akan semakin baik blog anda dimata search engine. Google berasumsi bahwa link yang mengarah ke blog anda itu adalah link yang dipasang oleh seseorang secara alami tanpa ada perjanjian ataupun transaksi  sebelumnya. Jadi hati-hati jika anda mendapatkan backlink dengan cara yang tidak wajar, karena search engine tidak menyukainya atau biasa dikenal sebagai black hat SEO. (akan saya bahas selanjutnya jika ada waktu).  Kembali ke pembahasan backlink, salah satu cara untuk mendapatkan backlink adalah dengan berkomentar di blog orang lain yang biasa dikenal dengan blogwalking. Tapi sebelum berkomentar di blog orang lain, sebaiknya anda terlebih dahulu memahami tentang blog dofollow dan nofollow, baca disini. Jika anda sudah paham dan mengerti maka untuk mencari backlink yang berkualitas adalah link yang bersifat dofollow, jadi berkomentar di blog dofollow akan memberikan backlink yang berkualitas, berikut daftar blog dofollow yang bisa anda kunjungi untuk berkomentar dan mencari backlink.
  3. Yang terakhir adalah menghindari kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan oleh blogger pemula, baca disini. 
Blogging itu indah, menyenangkan meskipun kadang suatu waktu akan timbul rasa bosan.
newbie share, let's blogging.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar