copas ilegal
Budaya copas di kalangan blogger | Budaya copas ilegal sudah tidak bisa lagi dipungkiri keberadaanya. Budaya yang bisa membuat blogger patah semangat. Budaya yang tidak menghargai hasil kerja keras sang penulis meskipun hanya satu ataupun dua paragraf. Tapi sebelumnya apakah itu budaya copas ilegal?Bagamana bentuk dan cara sehingga bisa dikatakan copas ilegal?
Untuk pertanyaan ini, akan saya jawab berdasarkan versi saya. Apakah itu budaya copas ilegal? Menurut saya, budaya copas ilegal merupakan kegiatan peng copyan suatu artikel dari suatu blog maupun website tanpa adanya permintaan izin sebelumnya kepada yang empunya blog / website dan kemudian menerbitkannya kembali di blog yang lain. Lantas bagaimana proses peng copyan itu sehingga bisa dikategorikan sebagai ilegal? Apakah proses copas dikatakan ilegal jika semua artikelnya di copy paste atau kah mungkin hanya sebagian dari artikelnya saja sudah dikategorikan sebagai copas ilegal. Kalau menurut saya, budaya copas dikatakan ilegal ketika seseorang melakukan peng copyan secara keseluruhan terhadap suatu artikel dan menerbitkannya kembali tanpa adanya proses edit sebelumnya dan tidak mencamtumkan link sumber artikel. Lantas bagaimana jika hanya sebagian dari artikel yang di copy dan kemudian di terbitkan kembali tanpa sepengetahuan yang empunya. Menurut saya, itu bukan termasuk budaya copas ilegal tapi ada baiknya aktifitas peng copyan suatu artikel untuk tujuan diterbitkan kembali, sebelumnya meminta izin kepada yang punya, jangan hanya copas dan publish.
Pertanyaan:
Bagaimana Menurut anda?

Ingat:
Blog Juga Merupakan Suatu Hasil Karya.

Banyak yang menentang budaya copas ini, tapi mengapa masih banyak para copaster atau mungkin bisa dikatakan plagiator yang bertebaran. Mungkin ada beberapa penyebab yang membuat budaya ini tetap berkembang subur, diantaranya:
  1. Semakin hari semakin banyak blogger baru yang bermunculan. semakin banyak blogger baru maka semakin banyak artikel yang di copy paste secara ilegal. Mengapa bisa demikian? Karena blogger yang baru belajar membuat blog akan mengisi blognya terlebih dahulu dengan artikel yang mungkin saja hasil copas.
  2. Para blogger tergiur dengan kenyamanan menjadi seorang copaster (plagiat), hanya search di google, dapat artikelnya, copy dan posting + kemampuan SEO dan SMO.,... Jreng-jreng... sudah nongkrong di posisi pertama SERP, sedangkan bagaimana nasib yang membuat artikel yang mungkin saja tidak mengetahui trik dan pengetahuan tentang SEO dan SMO.
  3. Ingin tampil keren tapi tidak mau kreatif. Mengapa saya mengatakan tidak mau kreatif? Karena kita semua sebagai manusia pasti telah diberikan kelebihan, tinggal dikembangkan saja. Tapi bagi mereka yang tidak mau kreatif, tapi ingin tampil keren, budaya copas ilegal jadi jalannya.
sekian dan wassalam.

11 komentar:

  1. . . wachhhhhhhhhhhh,, kayak nya dari kemaren bahas tentang copas mulu nich. jangan^ sang admin nya lagi marah cz abiz disenggol para copaser nich. he..86x . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. G kok mbak.. cuma bahas aja sebagai pertimbangan...

      Hapus
  2. wahhh, memang nih, blog memang hasil karya jadi akan sangat jengkel jika di tiru sama orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan....

      bahasa kasarnya plagiat ya pencuri...

      Hapus
  3. nice artikel, kunjungan baliknya donk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. segera berkunjung gan..

      thanks sudah mampir..

      Hapus
  4. Good artikel Gan... Smoga pLagitor2 pada tobat... :)
    Hadir perdana di mari, skalian izin share : MP3 Kisah Inspiratif Bag. XV, ditunggu komentarnya SOb... thanks, Salam bLogger, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya.. amin sajalah gan....

      meskipun harapan agar para plagiator tobat sangat kecil gan..

      Hapus
  5. wah mantap nih kang artikelnya jadi tambah semangat buat artikel yang murni

    BalasHapus
    Balasan
    1. artikel yang murni pasti akan lebih barokah daripada hasil pencurian konten..

      happy blogging

      Hapus
  6. Memang menjengkelkan kalau artikel ngetik susah2 dan tidak sebutkan sumbernya, nice gan, ditunggu kunjugan baliknya

    BalasHapus