Monday, 22 October 2012

Monday, October 22, 2012
23
Instal laptop yang menyibukkan | Dari judulnya saja sobat pasti sudah dapat mengira apa isi artikel saya kali ini. Kali ini saya tidak membahas masalah download, alexa, template dan lain sebagainya. Kali ini saya hanya sekedar curhat saja {hehehe,, maklum, ide juga lagi g ada karena pusing}. Curhat tentang instal laptop yang membuat saya sibuk sehingga beberapa hari ini juga tidak pernah update postingan di blog ini.
instal

awal cerita yang pertama

3 hari yang lalu saya bertemu dengan teman saya yang mengeluh tentang windows di kompinya. Katanya sudah terlalu banyak virus jadi dia minta di instal ulangkan. Kompinya merk toshiba satellite M105-S3041 dengan spesifikasi Processor 1,66 GB dan RAM 654 MB. Laptop ini laptop yang mungkin sudah terbilang model jadul karena tombol windows nya saja berada di bagian atas sejajar dengan tombol F1 - F12. Dengan penuh percaya diri, saya pun menyanggupi keinginannya untuk instal ulangkan kompinya. Ini awal cerita yang pertama.

awal cerita yang kedua 

2 hari yang lalu saya mendapatkan pesan singkat dari teman saya, dimana isinya juga masih berkaitan dengan instal menginstal. Kali ini teman saya menyodorkan netbook toshiba dengan type NB520 dan meminta saya untuk menginstalkan windows XP. Dengan percaya diri lagi, saya menyanggupinya.

Pertengahan cerita yang pertama

Setelah saya membawa kompi tersebut. Saya langsung keluarkan jurus jitu dengan mengambil sekeping kaset. Dengan langkah awal men charge kompi tersebut, tekan tombol power dan muncullah cahaya di layar. Dengan segera saya mengatur boot nya agar bootingnya dari sekeping kaset yang berisi windows XP tadi. Tapi muncul permasalahan, setelah booting dan muncul perintah untuk menekan sembaranng tombol untuk melanjutkan proses. Kok tiba-tiba layarnya menjadi hitam dan tidak berubah-berubah meskipun telah saya tunggu sekian waktu. Akhirnya muncul inisiatif untuk menggunakan kaset instalan windows 7 yang saya miliki {untuk coba-coba meskipun spek nya tidak mendukung}. Booting berhasil dan sampai ke proses pemilihan drive tempat instalasi, disinikan ada pilihan untuk format drive {tanpa pikir panjang pun saya melakukan format sebelum melanjutkan proses selanjutnya}. Tapi setelah saya format, dan melanjutkan proses instalasi sambil berharap tinggal nunggu sambil ngopi tapi eh ternyata proses malah gagal. Entah mengapa dan apa sebabnya. Saya coba dari awal, tapi pada saat booting kasetnya langsung keluar tanpa permisi.Bingung saya.

Pertengahan cerita yang kedua

Karena ini netbook yang tentunya tidak bisa menggunakan kaset untuk melakukan instalasi, saya pun memutuskan untuk menggunakan flashdisk sebagai medianya. Setelah membuat file instalasi di FD saya pun langsung melakukan instalasi dan hasilnya memuaskan dan proses berhasil {untuk instal}. Tapi muncul masalah baru setelah instal, ternyata drivernya tidak ada. Setelah sekian lama googling akhirnya saya masih belum menemukan driver yang cocok. Driver yang tersedia hanya untuk OS win 7 sedangkan untuk win XPbelum ada.

Akhir cerita pertama

Laptop merk toshiba satellite M105-S3041, masih terbaring tanpa OS.

Akhir cerita kedua

netbook masih terbujur kaku tanpa suara, tanpa jaringan karena kehilangan driver.

Kesimpulan cerita pertama

Kepada para sahabat yang mengetahui permasalhannya, kenapa instalnya gagal mohon bantuannya di kolom komentar.

Kesimpulan cerita kedua

kepada sahabat yang memeiliki driver atau mengetahui link downloadnya untuk toshiba NB520 OS win XP, mohon bantuannya.
akhir cerita, sekian dan wassalam.
Jika anda menemukan blog ini dari search engine google dan anda merasa terbantu dengan informasi dari blog ini, silahkan klik tombol google plus di samping kanan. terima kasih partisipasinya.