traffic naik alexa rank turun
Semakin tinggi trafffic di suatu website atau blog akan semakin mendongkrak ranking dari blog itu sendiri. Mengapa, karena alexa memberikan peringkat terhadap suatu situs berdasarkan jumlah kunjungan dan pageviewnya setiap hari. Jadi semakin tinggi traffic blog anda maka logikanya, alexa rank situs anda juga akan semakin meningkat.
Tapi, mungkinkah alexa rank menurun jika traffic tinggi??? Mungkin saja, dan bahkan sangat mungkin. Misalnya blog anda pada bulan pertama, pengunjung rata-ratanya tiap hari 100, pada bulan kedua meningkat menjadi 200 dan pada bulan ketiga menjadi 300. Apakah dapat di pstikan bahwa alexa rank blog anda akan meningkat karena trafficnya semakin meningkat dari bulan ke bulan. Belum tentu? Mengapa demikian? Karena alexa rank berbeda dengan google pagerank, dimana jika google pagerank, dimana rankingnya dimulai dari 0 sampai 10 sehingga memungkinkan beberapa blog berada pada satu ranking. Sedangkan pada alexa rank, setiap ranking hanya bisa diduduki oleh satu blog saja. Sehingga, persaingan untuk mendapatkan alexa rank yang ramping memang sangat sengit. Meskipun traffic blog anda dari waktu ke waktu semakin meningkat, tapi ada blog lain yang trafficnya lebih banyak dari anda maka dapat dipastikan anda tidak akan mengungguli rankingnya. 
Contohnya:
Pada semester yang lalu, seorang siswa mendapatkan rata-rata nilai 80 di akhir semester dan menjadi siswa terbaik di sekolahnya serta mendapatkan peringkat pertama. Pada tahun ini, rata-rata nilainyapun masih 80 tapi  tapi dia mendapatkan ranking 3. Hal ini disebabkan karena  ada 2 temannya yang masing-masing mendapatkan nilai rata-rata 90 dan 85 di akhir semester sehingga temannyalah yang mendapatkan peringkat pertama dan kedua. 
Jangan hanya mempertahankan traffic blog anda tapi berusahalah untuk selalu meningkatkannya, ya tentunya yang paling penting yaitu konten yang berkualitas.


13 komentar:

  1. trafick yang tinggi tidak menuntut alexa akan naik sobat, alexa itu rumit, saya tidak pernah mengambil pusing, kalaumau naik yach naik, yang penting saya selalu mengupdate blog saya sobat...

    BalasHapus
  2. alexa itu gg bisa dipresiksi...
    banyak persaingan..
    jadi yea jalani aja..

    keep update and blogwalking..hhe

    BalasHapus
  3. Ikut berbagi ya :
    Menurut saya Traffic tinggi = alexa bagus, coba saja search "how alexa rank works". Alexa hanya fokus pada traffic bukan kualitas konten. Sedangkan google PR sebaliknya. Itulah sebabnya ada blog dengan PR 5 tapi alexa rank masih jutaan.

    BalasHapus
  4. selama pagerank masih bisa dioptimalkan, saya lebih suka menggemukkan PR..:)

    tapi alexa juga tetap dipantau.. :)

    BalasHapus
  5. @Asis Sugianto : hehe... g usah pusingin tante alexa ya gan.. yang penting terus update saja...

    saran yang bagus gan, daripada pusing mikirin rank mending posting aja ya...

    BalasHapus
  6. @Jangankan : sepertinya memang harus begitu gan...

    update trus blogwalking...

    moga traffic meningkat..

    BalasHapus
  7. @Okto : ow begitu ya gan... saya kira PR dan alexa itu berbanding lurus.....

    ternyata tidak ya???

    BalasHapus
  8. @affanibnu : masalahnya gan.. blog ane masih 0 besar.. dulu sempat naik jadi 1, tapi karena berhubung kesibukan dunia nyata jadinya blog g eurus.. eh akhirnya jadi 0 lagi seperti sekarang ini....

    BalasHapus
  9. Gan, ane mau nanya,

    Kenapa di saat pageview ane meningkat justru Alexa jadi no data, mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu memang kadang terjadi, sama seperti di blog saya.. kemarin sempat terjadi hal demikian tapi ternyata itu hanya kesalahan pada alexa toolbar, tunggu saja mungkin 1 atau 2 hari maka akan kembali normal...

      Hapus
  10. kalau begini gan, kan website ane tentang jualan mesin, lha kan ga ada artikel didalamnya.. gimana caranya biar tetap terangkat alexa nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah saya kunjungi blog sobat, isinya juga artikel gan.. hanya membahas tentang mesin....

      jadi untuk meningkatkan alexa rank blog sobat, tergantung seberapa banyak orang yang mengunjungi blog sobat...

      Hapus
  11. apakah kita diharuskan memasang alexa widget pada website agar ranking alexa kita tinggi ?

    BalasHapus