Tuesday, 13 November 2012

Tuesday, November 13, 2012
21
5 kesalahan utama blogger pemula | semua butuh proses. untuk menjadi lebih baik harus melewati berbagai tahap yang tentunya tahap tersebut bisa berupa ujian yang berfungsi untuk membuat kita lebih baik. Begitu pula para blogger {terutama bagi yang merasa pemula}, tidak serta merta langsung jago ngeblog. Meskipun ngeblog itu simple yaitu paling sederhananya cuma sekedar posting, tapi jangan salah setiap orang yang baru belajar ngeblog pasti akan merasa kebingungan sehingga bisa saja karena bingungnya sehingga menyerah dan tidak menjadi blogger.
pemula
Berikut ini beberapa kesalahan utama para blogger {pemula} menurut pendapat pribadi saya:
  1. Tema blog yang tidak jelas.
    Mengapa ini menjadi kesalahan bagi blogger? Ya ini tak lain berbicara lagi tentang SEO dima jika tema blog kita tidak jelas maka akan semakin sulit untuk bersaing tampil di halaman utama SERP. Terkecuali jika blog anda adalah blog yang anda tempati untuk curhat, itu bukan menjadi masalah.
  2. Terlalu banyak memasang widget
    Ini juga yang menjadi masalah bagi blogger indonesia yang koneksinya masih lemot. Terlalu banyak widget yang anda pasang, maka akan semakin berat pula blog anda. semakin berat blog anda, maka waktu loading pagenya pun semakin lama {apalagi kalau koneksinya lambat}. semakin lama waktu loading page blog anda, maka akan muncul perasaan bosan dari pengunjung blog untuk menunggu. Muncul perasaan bosan dan jengkel maka dapat di pastikan blog anda akan segera ditinggalkan. Oleh karenanya itu, pasanglah widget yang penting dan berguna untuk memudahkan pengunjung menjelajahi informasi di blog anda.
  3. Terlalu cepat memasang script iklan yang mungkin juga berlebihan di blog
    Tidak di pungkiri, sebagai manusia biasa pasti akan tergiur dengan iming-iming penghasilan tambahan. Apalagi jika sesuai dengan hoby masing-masing dalam hal ini blogging. Cara bujuknya: jika ada 1 pengunjung yang melakukan klik di iklan maka akan di bayar Rp 300,-, jika ada 100 pengunjung, atau 1000. berapa yang anda dapatkan. Padahal jika ditelusuri lebih jauh, hanya ada sangat sebagian kecil pengunjung blog yang meng-klik iklan di blog. Apalagi kalau blognya masih sedikit artikel, cara ini tidak efektif untuk menghasilkan uang saku tambahan.
  4. Terlalu cepat menyerah
    Ini adalah kejadian yang saya alami sendiri beberapa bulan yang lalu ketika baru belajar blog. Waktu itu saya melihat teman saya main blog dan katanya seru, sayapun tertarik dan langsung meluncur ke TKP [www[dot]blogger[dot]com] maksudnya untuk membuat blog. sekitar setengah jam blog selesai, maklum baru belajar jadi agak lama bikinnya. Setelah blog selesai, jangankan utak-atik template, posting saja saya masih sangat kebingungan. Mencoba dan mencoba tapi masih tetap bingung sehingga saya pun berhenti main blog pada waktu itu. Jadi intinya, jangan berhenti karena ada rintangan, tapi jadikan rintangan itu sebagai batu loncatan untuk menjadi lebih baik.
  5. Terlalu cepat ingin memiliki artikel yang banyak
    ini juga yang menjadi masalah pada saat baru belajar blog. Masih belum punya ide tapi mau tetap posting, akhirnya copas jadi jalan satu-satunya. Itulah yang juga pernah saya alami dan saya sesali. Mengapa? karena setelah belajar dan belajar ternyata ada yang namanya SEO dan artikel copas katanya sih kurang SEO friendly. Jadinya setelah agak ngerti blog, saya terpaksa menghapus artikel copas di blog saya. muncul lagi masalah, ternyata akan ada kesalahan penelusuran pada blog jika pernah menghapus artikel, terkecuali jika url nya langsung di hapus di google webmaster tool.
Artikel yang hanya untuk blogger pemula, bukan untuk para master.
sekian dan wassalam
Jika anda menemukan blog ini dari search engine google dan anda merasa terbantu dengan informasi dari blog ini, silahkan klik tombol google plus di samping kanan. terima kasih partisipasinya.