5 kesalahan utama blogger pemula | semua butuh proses. untuk menjadi lebih baik harus melewati berbagai tahap yang tentunya tahap tersebut bisa berupa ujian yang berfungsi untuk membuat kita lebih baik. Begitu pula para blogger {terutama bagi yang merasa pemula}, tidak serta merta langsung jago ngeblog. Meskipun ngeblog itu simple yaitu paling sederhananya cuma sekedar posting, tapi jangan salah setiap orang yang baru belajar ngeblog pasti akan merasa kebingungan sehingga bisa saja karena bingungnya sehingga menyerah dan tidak menjadi blogger.
pemula
Berikut ini beberapa kesalahan utama para blogger {pemula} menurut pendapat pribadi saya:
  1. Tema blog yang tidak jelas.
    Mengapa ini menjadi kesalahan bagi blogger? Ya ini tak lain berbicara lagi tentang SEO dima jika tema blog kita tidak jelas maka akan semakin sulit untuk bersaing tampil di halaman utama SERP. Terkecuali jika blog anda adalah blog yang anda tempati untuk curhat, itu bukan menjadi masalah.
  2. Terlalu banyak memasang widget
    Ini juga yang menjadi masalah bagi blogger indonesia yang koneksinya masih lemot. Terlalu banyak widget yang anda pasang, maka akan semakin berat pula blog anda. semakin berat blog anda, maka waktu loading pagenya pun semakin lama {apalagi kalau koneksinya lambat}. semakin lama waktu loading page blog anda, maka akan muncul perasaan bosan dari pengunjung blog untuk menunggu. Muncul perasaan bosan dan jengkel maka dapat di pastikan blog anda akan segera ditinggalkan. Oleh karenanya itu, pasanglah widget yang penting dan berguna untuk memudahkan pengunjung menjelajahi informasi di blog anda.
  3. Terlalu cepat memasang script iklan yang mungkin juga berlebihan di blog
    Tidak di pungkiri, sebagai manusia biasa pasti akan tergiur dengan iming-iming penghasilan tambahan. Apalagi jika sesuai dengan hoby masing-masing dalam hal ini blogging. Cara bujuknya: jika ada 1 pengunjung yang melakukan klik di iklan maka akan di bayar Rp 300,-, jika ada 100 pengunjung, atau 1000. berapa yang anda dapatkan. Padahal jika ditelusuri lebih jauh, hanya ada sangat sebagian kecil pengunjung blog yang meng-klik iklan di blog. Apalagi kalau blognya masih sedikit artikel, cara ini tidak efektif untuk menghasilkan uang saku tambahan.
  4. Terlalu cepat menyerah
    Ini adalah kejadian yang saya alami sendiri beberapa bulan yang lalu ketika baru belajar blog. Waktu itu saya melihat teman saya main blog dan katanya seru, sayapun tertarik dan langsung meluncur ke TKP [www[dot]blogger[dot]com] maksudnya untuk membuat blog. sekitar setengah jam blog selesai, maklum baru belajar jadi agak lama bikinnya. Setelah blog selesai, jangankan utak-atik template, posting saja saya masih sangat kebingungan. Mencoba dan mencoba tapi masih tetap bingung sehingga saya pun berhenti main blog pada waktu itu. Jadi intinya, jangan berhenti karena ada rintangan, tapi jadikan rintangan itu sebagai batu loncatan untuk menjadi lebih baik.
  5. Terlalu cepat ingin memiliki artikel yang banyak
    ini juga yang menjadi masalah pada saat baru belajar blog. Masih belum punya ide tapi mau tetap posting, akhirnya copas jadi jalan satu-satunya. Itulah yang juga pernah saya alami dan saya sesali. Mengapa? karena setelah belajar dan belajar ternyata ada yang namanya SEO dan artikel copas katanya sih kurang SEO friendly. Jadinya setelah agak ngerti blog, saya terpaksa menghapus artikel copas di blog saya. muncul lagi masalah, ternyata akan ada kesalahan penelusuran pada blog jika pernah menghapus artikel, terkecuali jika url nya langsung di hapus di google webmaster tool.
Artikel yang hanya untuk blogger pemula, bukan untuk para master.
sekian dan wassalam

21 komentar:

  1. jiaahhh keduluan deh sama mas -__-

    padahal mau bikin yang kaya gini juga -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane minta maaf nih kalau gitu.. kan g apa2 kalau sobat juga posting dengan bahasa sendiri

      Hapus
  2. pas artikel sob..!, sy jg dlu gitu, cuma satu yg Mungkin perlu ditambahkan bhw blogger pemula tuh biasax mau mencoba segala macam efek akhirx tnp disadari blog tambah berat.. *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob, begitupula saya dulu... nambah dan nambah widget samapi semua halaman penuh..

      Hapus
  3. Mampir berkunjung sob.,

    Ulasan yang sangat menarik nih.,
    Saya jadi bisa mengevaluasi kesalahan" saat ngeblog.,

    Thanks.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kunjungannya sob...

      sekedar ulasan blogger newbie

      Hapus
  4. kalau tema blog yang tidak jelas, susah sob. blog saya campuran mulu tema nya.
    karena menurut saya, semakin banyak variasi dari konten, maka pengunjung akan lebih banyak pula. misal nya kita membahas tutorial blog, maka pengunjung blog kita kebanyakan adalah blogger. tetapi kalau blog kita campuran, misalnya tidak hanya tutorial blog, juga diisi dengan tema lain nya. maka pengunjung pun tidak hanya dari kalangan blogger saja.
    tapi itu sebatas pemahaman saya. maaf kalau salah.

    #salam terhangat dari Mr.DHI

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bagus kalau seorang blogger mempunyai banyak pengetahuan dan waktu, karena makin banyak topik maka makin banyak waktu untuk mencari informasi dan berbagi.. tapi kata orang share is care.. jadi g ada masalah ya sob

      Hapus
  5. maksutnya thema blog yg ga jelas tuh gmn sob? saya sering menemukan blog yg themanya jelek berantakan tp No.1 d urutan google.

    kayak saya dl br bkin blog sk pasang widget. juadinya berat tuh blog...hehehe
    makasih sob infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tema blog yang g jelas bukan berarti g seo friendly sob, ini hanya sekedar saran untuk blogger pemula agar tidak bingung mencari bahan postingan....

      Hapus
  6. haaaaaaa, 5 hal tersebut pernah saya alami gan,,,

    ngena banget tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sob, saya juga pernah mengalaminya... bahkan sampai sekarang sob

      Hapus
  7. Wah, kesindir nih. Blog saya juga gak jelas tema apa. :D

    BalasHapus
  8. nomer empat tu harus di camkan, jangan teralu cepat nyerah. dengerin apa kata master di sini.. hehehe. dan nomer lima tu bisa jadi awal mula kompas gitu :D

    BalasHapus
  9. kayaknya no 3, 4 dan 5 adalah ane bnaget dech sob,, hehehee
    ada yg buat blog cuman untuk narsisan bro tp namanya juga proses belajar ya wajar aja,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih sob, namanya juga belajar.. jadi let it flow aja deh

      Hapus
  10. eemm.. apa yg salah dari saya ya?

    BalasHapus
  11. yg ke 4 hampir tuh sya,,,

    tpi jngan menyerah...itu kuncinya..

    iyakan sob..??

    BalasHapus
  12. Kalau saya ada kesalahan gak sob pada blog saya? :)

    BalasHapus
  13. no 4 tuh jadi kerjaan saya wkwk mesti banyak belajar dari sobat

    BalasHapus
  14. minta sarannya dong para master.
    begini ceritanya :D
    saya BARU BUAT BLOG dengan tema yang spesifik banget. saya udah punya bahan entri buat blog itu sekitar 20 entri lah "bukan copas y".
    kalau saya publish 1 hari sekaligus apa yang terjadi??
    ada gak pengaruhnya sama si google??

    sekalian sarannya!!

    mohon di balez ke fadiel.cihuy@gmail.com

    saya do'a kan yang membantu saya rezeki nya selalu bagus... amin!!

    BalasHapus