Copy paste merupakan pondasi dasar blogger | Mendengar, membaca kata copy paste maka pikiran akan langsung terhipnotis dengan asumsi bahwa itu adalah tindakan yang idak kreatif, tindakan orang malas, tindakan orang yang tidak menghargai hasil karya orang lain. Tapi tahukah anda, sadar atau tidak bahwa copy paste merupakan pondasi dasar, sumber untuk mendapatkan inspirasi sebagai bahan posting. 
kreatif

Sebelum membahas lebih lanjut, mari pahami terlebih dahulu mana copy paste yang baik dan mana yang buruk [masih berupa asumsi]:
  • Copy paste yang baik, yaitu dengan melakukan editan sebelum posting. Sehingga artikel yang dipublikasikan sesuai dengan gaya tulis dan bahasanya sendiri. Jadi dia hanya meng-copy inti dari artikel tersebut dan mengembangkan sesuai dengan gayanya sendiri. 
  • copy paste yang buruk [tidak patut di contoh], copy paste tanpa pikir panjang, copy lalu paste untung baik kalau masih mencantumkan sumbernya apalagi mau mengedit artikel sebelum posting. 
Lanjut dari pembahasan postingan ini, kebanyakan blogger menganggap copas itu adalah hal yang buruk karena mereka beranggapan sesuai dengan point nomor 2 diatas tanpa memperhitungkan point nomor 1 padahal itu masih merupakan copy paste. Banyak blogger yang tidak sadar kalau ternyata artikelnya itu adalah merupakan hasil copy paste dan menganggapnya sebagai hasil karyanya. 

Contoh kecil

Blog yang berisi tutorial blog, ada berapa ribu blog di dunia yang membahas tentang tutorial blog namun hanya ada beberapa saja yang benar benar menguasai dan menerbitkan artikel murni dari hasil pemikiran dan percobaannya. Tidak dipungkiri, jika ada sebuah pertanyaan. siapa yang mampu membuat script untuk artikel terkait tanpa melakukan copy paste di blog orang lain. Jawabannya pasti hanya ada beberapa yang mampu.

Copy paste tidak bisa dipisahkan dari dunia maya, karena dengan copy pastelah kita mengembangkan apa yang telah ada.

pada dasarnya blogger itu adalah orang yang suka copy paste
pembahasan yang membingungkan, namunit;s me.
sekian dan wassalam

4 komentar:

  1. kalau masih artikel asli di hajar juga, itu mah masih kompas gan. emang si ga ada yang bisa membuat scrip sendiri, tapi paling ga ya kaya kata agan. DI coba dan kemudian di tulis dengan bahasa sendiri. itu baru kompas yang baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob, saya juga setuju.. paling tidak kata2nya yang hasil karya sendiri

      Hapus
  2. contoh kecilnya nyentil sya tuh hehehehe saya kan bagian yang copy paste, tapi gak semuanya saya copy ._.

    BalasHapus
  3. dulu juga saya seorang copaser, tpi semua berubah ketika negara api menyerang :D hehehe

    BalasHapus